Kesehatan

Resiko Cedera Dibalik Demam Bermain Pokemon Go

resiko bermain game
resiko bermain game

Demam Pokemon Go juga menjadi sorotan dokter ortopedi. Hal ini terkait dengan risiko cedera yang bisa terjadi ketika seseorang tak hati-hati saat sedang asyik bermain games tersebut. The American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS) telah mengeluarkan peringatan bagi masyarakat yang sedang terpaku di jalan dan berburu pokemon untuk sadar dengan lingkungannya. Kemudian, masyarakat juga diminta berhati-hati guna menghindari cedera serius.

“Kami senang permainan ini bisa mendorong seseorang keluar ruangan dan bergerak. Tapi kami imbau agar masyarakat berhati-hati dan memperhatikan lingkungan sekitar saat sedang menikmati mainan ini. Berjalan sambil melihat ponsel atau gadget dan tidak hati-hati bisa menimbulkan risiko keseleo, cedera, patah tulang, bahkan cedera fatal lain,” terang juru bicara AAOS Dr Alan S Hilibrand.

Baca juga : Cara menghilangkan bulu ketiak

Dikutip dari CBS News, AAOS menyarankan supaya masyarakat sebisa mungkin juga memperhatikan orang, benda, atau keadaan sekitarnya, meski sedang fokus bermain Pokemon Go. Apalagi ketika berada di persimpangan jalan misalnya atau akan menyeberang, sudah pasti hentikan sejenak kegiatan ‘berburu’ pokemon Anda.

“Baiknya hentikan pula sejenak kegiatan berburu pokemon ketika Anda akan naik atau turun tangga kemudian ketika Anda sedang berada di tepi jalan tetapi banyak kendaraan lalu-lalang di sana,” kata Hilibrand.

Dilaporkan Daily Mail, pada pertengahan Juli lalu remaja 18 tahun di Texas bernama Lane Smith digigit ular di bagian kaki. Saat itu, Lane bersama temannya sedang mencari pokestop dan kebetulan ia sedang mengenakan sandal jepit. Beruntung, setelah seeokor ular berwarna cokelat menggigitnya, Lane segera dibawa ke RS setempat dan segera mendapat pertolongan.

Sementara, dua orang pria mengalami luka cukup parah setelah terjatuh dari tebing pantai utara San Diego ketika mereka sedang asyik bermain Pokemon Go. Dilaporkan San Diego Union Tribune, salah satu pria terjatuh sekitar 15 meter dari tepi tebing sementara temannya terjatuh sejauh 27 meter. Untuk menyelamatkan mereka, petugas kebakaran setempat harus menggunakan tali khusus, demikian disampaikan Anita Pupping dari kantor pemadam kebakaran setempat.