Kesehatan

4 Tanaman Pengusir Nyamuk Disekitar Kita

4 Tanaman Pengusir Nyamuk Disekitar Kita – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk seperti fogging, mengunakan obat pengusir nyamuk dan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk merupakan solusi alami yang paling aman dan tidak menimbulkan efek samping. Ya, terdapat jenis tanaman hias yang telah terbukti bisa mengusir nyamuk. Tanaman-tanaman tersebut biasa digunakan oleh orang zaman dulu sebelum ditemukan obat anti nyamuk.

cara-mengusir-nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk ini biasanya ditanam di sekitar rumah atau langsung digosokan ke tubuh agar terhindar dari nyamuk. Penggunaan tanaman anti nyamuk juga lebih aman untuk keluarga. Karena obat anti nyamuk yang ada saat ini banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini cara mengusir nyamuk dengan 4 tanaman pengusir nyamuk :

Lavender
Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini kan? Ya, bunga lavender memang sudah dikenal sebagai tanaman hias yang bisa digunakan untuk menangkal nyamuk. Terlebih, banyak produk anti nyamuk yang memakai bunga lavender sebagai bahan utama. Bunga lavender berasal dari kawasan penggunungan Alpen di Swiss. Kandungan linalool dan lynalyl acetate pada bunga ini menjadikan bunga lavender mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Konon bila nyamuk mencium bau bunga ini akan pusing dan menjauhi sumber bau.

Geranium
Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga geranium. Bunga ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama tapak dara. Kandungan zat geraniol dan sitronelol pada bunga geranium dipercaya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kedua zat tersebut biasanya akan sangat mudah menyebar terbawa angin sehingga akan membuat ruangan di sekitarnya dipenuhi bau bunga ini. Kamu bisa meletakan bunga ini di tempat yang mudah tertiup angin sehingga akan aromanya menyebar dengan cepat memenuhi ruangan. Cara ini merupakan satu dari sekian banyak cara mengusir nyamuk secara alami yang paling efektif.

Bunga Zodia
Bagi orang yang tinggal di Papua mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Ya, orang papua bisa menggunakan tanaman ini untuk digosokan di tubuh mereka sebelum berburu ke hutan. Karena tanaman ini dipercaya bisa melindungi mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine pada tanaman ini sangat berperan dalam melindungi diri dari gigitan serangga dan nyamuk. Selain digosokan secara langsung pada tubuh, kamu juga bisa menanam tanaman ini di sekitar rumah. Aroma tanaman zodia akan menyebar ke udara sehingga bisa membuat nyamuk akan menjauh dari rumah.

Citrosa Mosquito
Bentuk daun yang unik serta warna bunga yang indah, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu citrosa mosquito memiliki aroma lemon yang sangat kuat. Aroma tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman pengusir nyamuk.

Cara menanam tanaman ini cukup mudah, yakni dengan rutin menyiram dan memberinya sinar matahari secara teratur. Sayang tanaman ini masih jarang dijumpai di Indonesia, bila ingin memilikinya kamu harus mengiimpor dari negara asalnya Belanda.